Pengikut

Home » » Tips Diet Untuk Penderita Penyakit Gagal Ginjal

Tips Diet Untuk Penderita Penyakit Gagal Ginjal

Tips Diet Untuk Penderita Penyakit Gagal Ginjal
Gagal Ginjal adalah satu keadaan penurunan manfaat ginjal sampai selanjutnya tak bisa bekerja sekalipun. Untuk info, ginjal memiliki peran yang benar-benar utama untuk penyaring elektrolit badan, dan juga melindungi keseimbangan zat kimia serta cairan badan.

Oleh karena itu, pasien Gagal ginjal diharuskan dengan cara teratur melakukan terapi hemodialisis selama-lamanya untuk keluarkan limbah badan. Karena organ ini tak berperan lagi, satu diantara hal-hal lain yang perlu diperhitungkan dengan jeli yaitu konsumsi makanan. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya keadaan kesehatan badan tak makin alami penurunan.

Sebagian panduan diet untuk pasien Gagal ginjal

Menurut NKUDIC (National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse), pasien Gagal Ginjal dianjurkan berkonsultasi dengan pakar gizi untuk memastikan menu diet yang pas. Terdapat banyak poin utama saat menentukan makanan yang bakal dikonsumsi pasien ginjal, salah satunya yaitu :

1. Konsumsi makanan berprotein : Makanlah makanan tinggi protein seperti ayam, ikan, serta daging tetapi dalam jumlah yang seimbang.

2. Mengontrol konsumsi potasium : Senantiasa mengontrol jumlah potasium (kalium) yang anda asup. Sebagian buah-buahan seperti jeruk serta pisang, dan kacang-kacangan, cokelat serta sayuran baiknya dihindari lantaran memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi. Hal semacam ini lantaran jika terlampau banyak mengonsumsi potasium, maka dapat membahayakan jantung anda.

3. Mengontrol jumlah air yang dikonsumsi : Jika ginjal tak bekerja, air bakal menumpuk dengan cepat ke dalam badan anda. Terlampau banyak cairan dalam badan dapat bikin jaringan membengkak serta ini dapat mengakibatkan masalah jantung, desakan darah tinggi, desakan darah rendah, serta kram sepanjang dialisis.

4. Jauhi garam : Anda dianjurkan untuk sebisa-bisanya hindari garam. Hal semacam ini lantaran makanan yang condong asin serta tinggi garam bisa bikin anda jadi haus serta menahan air di badan anda.

5. Jauhi makanan berfosfor tinggi : Kurangi atau batasi beberapa makanan seperti keju, susu, serta kacang-kacangan yang dikeringkan. Beberapa makanan itu memiliki kandungan mineral fosfor yang tinggi. Terlampau banyak fosfor dalam darah bisa menyebabkan kalsium ‘pergi’ dari tulang anda hingga selanjutnya bikin tulang jadi rapuh, lemah, serta bisa mengakibatkan radang sendi. Biasanya, untuk menghindar persoalan pada tulang, dokter berikan sebagian obat spesial yang perlu diminum tiap-tiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar